Efek Blog
Choirunisa's Collection: Contoh Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

Kamut jalan-jalan

Lebih Baik Memperlambat Waktu Untuk Mematangkan Rencana Daripada Tergesa Untuk Kembali

Sabtu, 18 Oktober 2014

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI UNIT PENGELOLA KEUANGAN (UPK) KECAMATAN SELOMERTO
TANGGAL 23 DESEMBER 2013 s/d 21 MARET 2014


Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS/UN















Disusun oleh :
Hikmawati Khoirunisa            (09)
Kelas XI




PROGRAM STUDI AKUNTANSI
SMK TARUNA NEGARA WONOSOBO
TAHUN AJARAN 2013/2014
LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI UNIT PENGELOLA KEUANGAN (UPK) KECAMATAN SELOMERTO
TANGGAL 23 DESEMBER 2013 s/d 21 MARET 2014





                        Ketua Program Studi                                                  Pembimbing



                        Dwi Ujiati Widyanigrum, S.Pd                                             Muhtasor





Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dastam, S.Pd M.M
NIP. 19730608 200701 1 010



KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan kaporan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini.
            Penyusunan laporan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini adalah salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2013/2014 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan prtik kerja industri di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kecamatan Selomerto.
            Laporan ini dapat terselesaikan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1     1.       Dastam, S.Pd M.M selaku Kepala SMK Taruna Negara
2     2.      Dwi Ujiati W,S.Pd selaku Kepala Program Studi Akuntansi
3     3.      Suprihati selaku Pembimbing UPK Kecamatan Selomerto
4     4.      Muhtasor selaku Pembimbing SMK Taruna Negara
5     5.      Endang Erowati,S.Psi selaku Wali Kelas XI Akuntansi
Dan semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga dapat terselesaikan.


Leksono, 3 Maret 2014    



Hikmawati Khoirunisa     




DAFTAR ISI
                                                             Halaman
HALAMAN JUDUL..................................................................................        i
HALAMAN PENGESAHAN....................................................................        ii
KATA PENGANTAR................................................................................       iii
DAFTAR ISI...............................................................................................       iv
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................         1
            A. Latar Belakang............................................................................        1
            B. Dasar Penulisan...........................................................................        2
            C. Maksud dan Tujuan.....................................................................       2
BAB II GAMBARAN UMUM INSTANSI..............................................          4
            A. Sejarah Instansi...........................................................................        4
            B. Struktur Organisasi......................................................................        4
                 1. Struktur Organisasi UPK........................................................        4
                 2. Struktur Organisasi BKAD.....................................................        5
                 3. Struktur Organisasi Tim Verifikasi.........................................          6
                 4. Struktur Organisasi Pengawas................................................         6
BAB III LAPORAN KEGIATAN.............................................................         8
            A. Pelaksanaan Kegiatan.................................................................        8
            B. Hasil Kegiatan.............................................................................       10
BAB IV PENUTUP....................................................................................       12
            A. Kesimpulan.................................................................................       12
            B. Saran............................................................................................     12

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada umumnya. Praktik Kerja Industri (Prakerin) dilaksanakan oleh siswa siswi SMK Taruna Negara berdasarkan tuntutan untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN).
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini dilaksanakan berdasarkan landasan-landasan berikut ;
1.               Undang-Undang No. 2  Tahun 1998
a.          Penyelenggaraan pendidikan diselenggarakan melelui 2 jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah (Pasal 10).
b.         Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya masyarakat dan atau keluarga peserta didik (Pasal 33).
c.          Masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan pendidikan.
2.               PP No. Tahun 1990
a.          Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan (Pasal 32 ayat 1).
b.         Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka uji coba gagasan baru yang di perlukan pengembangan pendidikan (Pasal 32 ayat 2).

3.               PP No. 39 Tahun 1992
a.          Peran serta masyarakat dapat berupa pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja (Pasal 2).
b.         Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistem pendidikan (Pasal 8).
4.               Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490-U/1992
              Kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK dengan kebutuhan dunia kerja yang di usahakan dengan asas saling menguntungkan.

B.     Dasar Penulisan
Tujuan pembuatan laporan ini antara lain :
1.               Mengumpulkan data guna keperluan sekolah di masa yang akan datang, khususnya dalam masalah praktek kerja industri sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai.
2.               Siswa mampu membandingkan kemampuan yang diperlukan di sekolah dan lingkungan kerja.
3.               Siswa mampu memahami, menerapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh di sekolah maupun pengalaman serta menerapkan dalam dunia usaha.

C.    Maksud dan Tujuan Prakerin
1.        Maksud Prakerin
Adapun maksud diadakannya Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini adalah: 
a.          Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
b.         Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c.          Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
d.         Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran  kepada instansi dalam mengambil kebijakan dimasa yang akan datang.
e.          Memantapkan sikap professional yang diperlukan oleh siswa dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.

2.        Tujuan Prakerin
Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini bertujuan untuk:
a.          Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dibidang teknologi, serta memiliki keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.         Memperoleh link and match (keterkaitan dan kesepadanan) antara sekolah dengan Dunia Usaha.
c.          Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.         Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses belajar.
e.          Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman dalam era informasi dan teknologi.






BAB II
GAMBARAN UMUM INSTANSI

A. Sejarah Instansi
Unit Pengelola Keuangan-Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (UPK-PNPM) Kecamatan Selomerto berdiri pada tanggal 29 September 2003, yang beralamat di Jln. Balekambang Km. 06 Kecamatan Selomerto. UPK-PNPM Kecamatan Selomerto memiliki visi yaitu “Unggul Dalam Usaha, Masyarakat Berdaya”.
Awalnya, tahun 2005 di Kecamatan Selomerto, Unit Pengelola Keuangan-Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (UPK-PNPM) Kecamatan Selomerto hanya bekerja dalam bidang pelestarian pengembangan kegiatan SPP dan UEP.
Dan pada tahun 2009 sampai sekarang, UPK-PNPM Kecamatan Selomerto mendapatkan alokasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat untuk mengelola pencairan dana ke TPK desa serta mendapat alokasi tambahan untuk kegiatan Simpan Pinjam.
Keberhasilan pelestarian kegiatan SPP dan UEP, banyak tergantung kepada  karakter pemanfaat dan kesadaran terhadap pelestarian kegiatan tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut juga tidak luput dari kinerja pengurus UPK dalam mengelola dana dan membina kelompok, serta unsur lain di PNPM seperti BKAD, Tim Verifikasi, BP-UPK dan Tim Koordinasi yang setiap saat membantu koordinasi antara pengurus dan Tim PNPM Kec. Selomerto.

B. Struktur Organisasi
1.         Struktur Organisasi UPK-PNPM Kecamatan Selomerto
Ketua             :  Suprihati
Sekretaris       :  Dwi Santoso
Bendahara     :  Desy Ernawati
Sejak UPK berdiri bulan 29 september 2003 sampai dengan saat ini tidak ada perubahan. Dan untuk pelaksanaan tahun 2013 belum ada rencana penambahan personil berkaitan dengan operasional biaya dan pelaksanaan yang masih dapat di lakukan oleh personil yang ada,  adapun kegiatan utama yang dilakukan adalah :
a.          Mengelola kegiatan PNPM (perguliran SPP dan UEP).
b.         Pembinaan kelompok ke desa.
c.          Supervisi atau pengamatan ke lapangan/desa.
d.         Membuat laporan keuangan.
e.          Pelayanan pencairan dan penyaluaran dana SPP/UEP.
f.          Melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan PNPM.
g.         Mengikuti pelatihan-pelatihan UPK.
h.         Melakukan laporan pertanggungjawaban.
i.           Menjaga, mengembangkan, dan meletarikan dana SPP/UEP dan kelembagaan UPK.

2.         Struktur Organisasi BKAD
Ketua              :  Dedy Kuswanto
Sekretaris        :  Bejo Yuwono
Bendahara       :  Drs.  Tauhid
Semua kegiatan Musyawarah Antar Desa PNPM dari tahun 2003 sudah dilaksanakan dan dipimpin oleh Ketua MAD/BKAD dan ditulis/notulen oleh sekretaris MAD/BKAD adapun kegiatan utamanya adalah :
a.          Memimpin jalanya MAD.
b.         Memfasilitasi pelaksanaan MAD.
c.          Menyusun AD/ART.
d.         Melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan PNPM.
e.          Ikut dalam kegiatan audit  dan rapat pengurus UPK.
f.          Ikut menjaga kelestarian dan pengembangan dana SPP & UEP.
g.         Ikut membantu penyelesaian masalah kemacetan pinjaman dan atau penyelewengan dana SPP & UEP.

           3.         Struktur Organisasi Tim Verifikasi
                       Ketua              :       Nuruf Nursida
Anggota          :       1. Eko Setyo Purwanti, S.E
                                                  2. Mirmani
Semua usulan yang masuk di kecamatan selalu diverifikasi oleh tim verifikasi, dan  pada pelaksanaan PNPM  tahun 2013 telah terdapat 3 orang anggota tim verifikasi ekonomi, adapun kegiatan utamanya yaitu :
a.          Mengikuti pelatihan untuk tim verifikasi.
b.         Melakukan verifikasi kepada kelompok yang sudah mengajukan proposal usulan ke UPK Kecamatan.
c.          Memberi rekomendasi hasil verifikasi langsung yang telah dilaksanakan kepada kelompok SPP dan UEP.
d.         Ikut menjaga kelestarian dan pengembangan dana ekonomi.
e.          Membantu penyelesaian masalah kemacetan dan atau penyalahgunaan dana UEP dan SPP.

4.         Struktur Organisasi Pengawas
Ketua              :  Djamaludin
Anggota          :  1.  Agus Martono
                                              2. Supriadji
Pada MAD Pembentukan BKAD, telah dipilih dan ditetapkan  tiga orang anggota badan pengawas. Adapun kegiatan utamanya yaitu :
a.          Melakukan audit/pengecekan administrasi dan bukti transaksi penggunaan dana BPNPM, Operasional UPK, DOK, UEP, dan SPP dan dana lainya yang dikelola UPK setiap bulan.
b.         Melakukan pengecekan monitoring kelompok penerapan kesepakatan aturan serta sanksi dikelompok.
c.          Menyebarluaskan informasi penting terhadap hasil MAD.
d.         Menampung pengaduan dari masyarakat, UPK dan unsur lainya yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
e.          Mengevaluasi kinerja UPK dan pelaku lainya dan selanjutnya disampaikan di MAD.
f.          Ikut menjaga kelestarian dan pengembangan dana ekonomi.




















BAB III
LAPORAN KEGIATAN

A.  Pelaksanaan Kegiatan
  Kegiatan Prakerin dilakukan agar siswa dapat mengetahui bagaimana cara bekerja. Berikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa saat Prakerin :
1.         Mengarsipkan Bukti Transaksi
Pengarsipan bukti transaksi dilakukan setiap hari. Bukti transaksi ini merupakan bukti dari transaksi keuangan yang ada pada setiap harinya. Bukti-bukti transaksi tersebut diarsipkan menurut nomor urut dan tanggal pembayarannya.
2.         Mengisi Kartu Kredit SPP/UEP
Kartu kredit SPP/UEP digunakan untuk mencatat semua pembayaran hutang oleh pemanfaat dari kelompok-kelompok yang terdapat dalam masing-masing desa di Kecamatan Selomerto.
3.         Mengiput Laporan Keuangan
Laporan keuangan disusun sebagai bukti adanya penggunaan dana disetiap transaksi, laporan akan dipertanggungjawabkan kepada kepada masyarakat Kecamatan Selomerto. Laporan tersebut diinput kedalam bentuk softfile agar mempermudah penghitungannya.
4.         Melengkapi Proposal Pendanaan Desa
Salah satu syarat mendapatkan pendanaan/peminjaman dari UPK-PNPM Kecamatan Selomerto yaitu dengan mengajukan proposal kepada UPK. Kelengkapan syarat dalam proposal tersebut perlu di koreksi, guna melengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan.
5.         Memfasilitasi Pelatihan Tim Pendanaan Desa
Pelatihan-pelatihan dilaksanakan untuk setiap Kader yang terdapat dalam desa. Pelatihan ini dilakukan sebagai pembekalan kepada perwakilan masing-masing desa mengenai pembangunan yang akan dilakukan di masing-masing desa tersebut. Sebagai contoh yaitu pembangunan bronjong, pembagunan talut jalan, dll.





Gambar 3.1
Kegiatan Pelatihan Oleh Tim Pendanaan

6.         Memfasilitasi MAD Pertanggungjawaban
MAD Pertanggungjawaban dilaksanakan pada setiap akhir periode akuntansi atau pada akhir tahun, yang diseleggarakan untuk memberikan informasi kepada perwakilan dari desa mengenai penggunaan dana.
Maksud dan tujuan melaksanakan Laporan pertanggungjawaban UPK adalah sesuai prinsip PNPM, yaitu adanya transparansi atau keterbukaan baik di administrasi, kegiatan maupun organisasi serta ingin membudayakan kebiasaan disiplin untuk bertanggungjawab di bidang keuangan, sesuai dengan aturan yang berlaku.







Gambar 3.2
            Kegiatan MAD Pertanggungjawaban
           
B.  Hasil Kegiatan
NO
JENIS KEGIATAN
HASIL KEGIATAN
1
Mengarsipkan Bukti Transaksi
Bukti-bukti yang diarsipkan antara lain adalah bukti transaksi atas pembayaran utang/angsuran dari masyarakat, bukti transaksi perguliran/pencairan dana kepada masyarakat. Bukti transaksi yang berupa kwitansi pembayaran diarsipkan menjadi sebuah buku laporan.
2
Mengisi Kartu Kredit SPP/UEP
Kartu kredit SPP/UEP diisi setiap terjadi transaksi baik angsuran, maupun perguliran kepada masyarakat.
3
Menginput Laporan Keuangan
Transaksi-transaksi yang terjadi disetiap harinya akan diposting dalam komputer sebagai laporan yang akan dipertanggung jawabkan pada setiap akhir periode.
4
Melengkapi Proposal Pendanaan Desa
Proposal usaha yang diajukan oleh stiap kelompok dari desa, harus dilengkapi administrasinya. Proposal ini berisi mengenai tujuan peminjaman, orang yang akan meminjam dan lain-lain.
5
Memfasilitasi Pelatihan Tim Pendanaan Desa
Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada kader-kader desa mengenai tatacara pembangunan desa dengan baik, pengetahuan tentang keadaan desa, porsi/takaran bahan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), dan lain-lain.
6
Memfasiltasi MAD Pertanggungjawaban
MAD pertanggungjawaban merupakan kegiatan lanjutan dari laporan keuangan yang disusun, pertanggungjwaban ini meliputi laporan penggunaan uang dari awal hingga akhir periode akuntansi. Baik pengeluaran untuk pinjaman maupun beban lain-lain.
Tabel 3.1
Hasil Kegiatan












BAB IV
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari pengalaman selama tiga bulan masa Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Unit Pengelola Keuangan-Program Nasional Pemberayaan Masyarakat (UPK-PNPM) Kecamatan Selomerto dapat disimpulkan bahwa:
1.      Antara teori yang didapat di sekolah dengan penerapan di tempat kerja terdapat banyak perbedaan.
2.               Selama masa Prakerin siswa dapat mempelajari dasar-dasar pembukuan di tempat kerja.
3.         Kegiatan Prakerin yang bekerjasama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi mampu bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat luar.

B.  Saran
Kami telah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) selama kurang lebih tiga bulan. Kami merasakan apa yang terjadi jika seandainya kami menjadi tenaga kerja yang pastinya bekerjasama dengan orang lain. Maka dari itu, untuk kedepannya kami menyarankan :
1.           Kegiatan Prakerin lebih diperhatikan dalam arti pembimbing dari sekolah lebih memonitoring para siswa-siswinya.
2.               Peserta Prakerin lebih diperhatikan oleh pembimbing dari DU/DI.
3.               Menempatkan ke perusahaan yang paling sesuai dengan kompetensi/keahlian para siswa.
4.     Meminimalkan tugas-tugas dari sekolah kepada siswa-siswi yang sedang melaksanakan Prakerin.
Akhir kata kami mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi siswa-siswi SMK Taruna Negara. Saya sebagai penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya menunggu kritik dan saran yang membangun dari rekan pembaca, demi keberhasilan dan kemajuan saya dalam penulisan laporan di masa yang akan datang .






                                                                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar